Jumat, 19 September 2014

MENYIKAPI PERDA BUSANA MUSLIM/MUSLIMAH DI KOTA PADANGSIDIMPUAN - Oleh: Drs.Alinapia Harahap,SH,MH


Sekilas PERDA Busana Muslim/Muslimah
PERDA Busana Muslim/Muslimah ini lahir pada tanggal 26 September 2006 dengan nama PERDA Nomor 06 Tahun 2006 yang bertujuan :
1.      Membentuk kepribadian  muslim yang berakhlak mulia;
2.      Membiasakan diri memakai Busana Muslim/Muslimah dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan keluarga maupun di hadapan masyarakat umum.
3.       Menciptakan masyarakat yang mencitai ajaran agama Islam
(Lihat Pasal 1 ayat 6 dan Pasal 3 PERDA No. 06 Tahun 2006).

Sedangkan sasaran PERDA Busana Muslim/Muslimah ini adalah yang beragama Islam dan dilaksanakan pada : lingkungan lembaga pendidikan, lingkungan instansi dan acara-acara resmi dan acara-acara lainnya. (Lihat Pasal 6 dan Pasal 14 PERDA No. 06 Tahun 2006)

Sementara pemberlakuan PERDA ini bagi siswa pada Tahun Ajaran 2007/2008 dengan tahapan sebagai berikut : bagi siswa Sekolah Dasar (SD) dimulai dari Kelas I, SMP dimulai dari Kelas I/VII dan SMA/SMK dimulai dari Kelas I/X.
(Lihat Pasal 6 Ayat 1 dan 2 Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kota Padangsidimpuan No. 800/3104.D/2007 Tentang Juklak PERDA No. 06 Tahun 2006. Sedangkan untuk PNS/Tenaga Honorer dianjurkan Bulan Juli 2007 dan secara menyuluruh Tahun 2008).

Menyikapi PERDA Busana Muslim/Muslimah

Busana Muslim/Muslimah bagi masyarakat Kota Padangsidimpuan,  bukanlah hal yang luar biasa tetapi merupakan pakaian sehari-hari orang Muslim/Muslimah di kota ini.

Menurut data Departemen Agama Kota Padangsidimpuan Tahun 2006,  jumlah penganut yang beragama Islam di Kota ini sebanyak 90,399 % dari total penduduk Kota Padangsidimpuan 174,004 jiwa. Hal ini menunjukkan bahwa adanya PERDA No. 6 Tahun 2006 tentang Busana Muslim/Muslimah merupakan implementasi dari pelaksanaan ajaran Islam sebagai agama mayoritas Kota Padangsidimpuan. Hal ini sesuai dengan Firman Allah yang berbunyi :

يا بني آدم قد أنزلنا عليكم لباسا يواري سوءاتكم وريشا ولباس التقوى ذلك خير ذلك من آيات الله لعلهم يذكرون )اعراف 26)

Artinya : "Hai anak Adam, Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. dan pakaian takwa Itulah yang paling baik. yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, Mudah-mudahan mereka selalu ingat”.  (Q.S. Al A’raf: 26)

Hal yang patut kita aturkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Padangsidimpuan adalah telah memprakarsai dan membidani lahirnya PERDA ini. Meskipun Pemerintah Kota Padangsidimpuan usianya relatif masih muda, tetapi telah berhasil melahirkan dan menetapkan PERDA yang berbau Islam seperti ini.

Pemberlakuan Peraturan Daerah (PERDA) tersebut pada awalnya memang banyak masyarakat Islam memberikan pandangan terutama para pedagang dan orangtua siswa. Komentar para pedagang adalah termasuk pakaian yang sudah di pesan atau di stok bukan pakaian muslimah seperti yang dituangkan dalam PERDA. Oleh karena jauh-jauh hari mereka sudah menyediakan stok pakaian yang tidak model busana muslim/muslimah

Kemudian disusul persepsi para orangtua siswa  bahwa pada Tahun Ajaran Baru 2007/2008, orang tua siswa harus mengganti pakaian anaknya dengan busana muslim/muslimah dari Kelas I - VI (untuk SD), Kelas VII - IX (SMP), dan Kelas X – XII (SMA/SMK). Kemudian pandangan lain ditemukan bahwa orang tua mengangap PERDA ini tidak logis justeru  anak Kelas I Sekolah Dasar (SD) tidak akan mungkin dapat berpakaian sebagaimana yang diharapkan PERDA itu, karena akan merepotkan sianak yang masih kecil untuk memakain pakaian tersebut.

Akan tetapi setelah adanya sosialisasi langsung Pemerintah Kota Padangsidimpuan melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padangsidimpuan dan Dinas Pendidikan Kota Padangsidimpuan orang tua dan pedagang merasa lega, karena dalam pelaksanaan PERDA tersebut baru bagi Kelas I Sekolah Dasar (SD), Kelas VII (Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Kelas X (Sekolah Menengah Atas(SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Dari beberapa penafsiran di atas yang nadanya kontra persepsional itu Allah lebih tahu dengan kondisi tersebut, sebagaimana Firman Allah yang berbunyi :

يا أيها النبي قل لأزواجك وبناتك ونساء المؤمنين يدنين عليهن من جلابيبهن ذلك أدنى أن يعرفن فلا يؤذين وكان الله غفورا رحيما )احزاب 59)

Artinya :Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Al-Ahzab: 59)
 Satu bulan berselang dengan pelaksanaan PERDA tersebut, para orang tua siswa menyatakan bahwa putri yang dibungkus dengan jilbab itu, ternyata rapi, sopan, bagus dan cantik. Dengan demikian setelah dilaksanakan PERDA tersebut ternyata masyarakat menerima dengan baik. Hal ini terbukti sampai saat ini tidak ada lagi protes orang tua terhadap pakaian yang dikehendaki oleh PERDA No. 6 Tahun 2006 tersebut.

Demikian secara umum sikap masyarakat Kota Padangsidimpuan terhadap PERDA tentang Busana Muslim/Muslimah dengan harapan PERDA ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat muslim Kota Padangsidimpuan untuk mengenakan busana Muslim/Muslimah dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, di kantor dan masyarakat dan akhirnya menjadi krakter umat Islam sehari-hari.

Penutup

Dari uraian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa Busana Muslim/Muslimah adalah busana yang digunakan untuk menutup aurat berdasarkan ajaran Agama Islam. Dengan sasaran umat yang beragama Islam dan dilaksanakan pada lingkungan Lembaga Pendidikan, lingkungan Instansi dan Acara-acara resmi dan Acara-acara lainnya

Pemberlakuan PERDA No. 6 Tahun 2006 adalah Bagi siswa Tahun Ajaran 2007/2008 dengan tahapan  untuk Sekolah Dasar (SD) dimulai dari Kelas I, SMP dimulai dari Kelas I/VII dan SMA/SMK dimulai dari Kelas I/X  serta bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS)/Tenaga Honorer dianjurkan Bulan Juli 2007 dan secara menyeluruh tahun 2008. 

Lihat/ download file aslinya disini