Rabu, 22 Oktober 2014

PERTARUNGAN DI ERA DIGITAL

       Gaya hidupmu di masa sekarang tentunya sangat berbeda sekali dengan masa sebelumnya, begitu juga dengan gaya hidup di masa mendatang?? Hasil penemuan teknologi canggih dan hasil-hasil riset aneh telah mengubah gaya hidup manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satunya dalam dunia pendidikan, mahasiswa tidak lagi mengandalkan dosen, melainkan ketersediaan wifi di kampus lah yang menjadi hal yang terpenting. 
       Oleh karena itu, setiap sekolah/ kampus harus menyiapkan bandwidth internet yang cukup untuk memenuhi kebutuhan mahasiswanya. Revolusi pembelajaran sudah dimulai sob, seorang dosen tidak lagi selalu lebih pintar dari mahasiswanya, karna dosen hanyalah fasilitator dan bukan lagi menjadi satu-satunya sumber belajar, Jadi, setiap individu yang tidak siap dengan kemajuan teknologi / alias masih Gaptek bersiaplah digusur oleh pengaruh Globalisasi, sebab Globalisasi itu menguntungkan pekerja profesional dan berdampak buruk kepada pekerja yang tkurang terampil. 
      Salman Khan selaku pendiri Khan Academy mengatakan: Pembelajaran lewat ruang kelas sudah ketinggalan zaman, sistem perkuliahan dalam kelas hanyalah untuk proses pembelajaran 100 tahun yang lalu. Pertanyaannya sekarang adalah Apakah saudara sudah siap menjadi masyarakat dunia dalam era global ini ??? Apakah di era globalisasi ini kita akan mendapatkan kemudahan atau malah kegawatan???