Rabu, 04 Maret 2015

Media Penguat Ingatan

       Ada tiga alasan penting penggunaan media dalam proses pembelajaran, yaitu: 1) mempermudah materi yang sulit dipahami peserta didik, 2) meningkatkan perhatian, minat dan motivasi peserta didik, 3) memperkuat daya ingat peserta didik terhadap materi pelajaran. Meskipun sudah jelas alasan dari penggunaan media pembelajaran, namun ternyata masih banyak faktor yang menghambat pencapaian ketiga tujuan tersebut, baik dari fisik media maupun dari faktor lain. Sehingga masalah seperti rendahnya daya tahan ingatan siswa masih menjadi masalah yang sering dikeluhkan para guru.

      Idealnya sebuah media pembelajaran setidaknya memiliki tiga karakteristik berikut: 1) media dapat berkomunikasi langsung dengan peserta didik, 2) media memiliki suara pemandu, musik dan tampilan visual yang relevan dengan materi dan kesukaan peserta didik, 3) media tersebut dapat digunakan peserta didik secara berulang-ulang dan di tempat-tempat yang mudah dijangkaunya.
      Tiga karakteristik di atas di dukung oleh hasil penelitian Dwyer (1978) yang menyimpulkan bahwa dalam rentang waktu 3 hari, pengaruh komunikasi verbal dapat meningkatkan daya ingat peserta didik hingga 10%, sementara dengan komunikasi visual 20%, dan dengan penggabuangan komunikasi verbal dan visual dapat meningkatkan daya ingat peserta didik hingga 65%. Adapun salah satu media pembelajaran yang penulis rekomendasikan dapat memenuhi tiga karakteristik di atas, dan sekaligus dapat digunakan dengan pendekatan komunikasi verbal dan visual adalah dengan mengembangkan media pembelajaran presentation powerpoint menjadi multimedia pembelajaran berbasis rekaman.
      Bentuk multimedia berbasis rekaman ini adalah suatu format video yang bersisi rekaman suara, gerakan slide show powerpoint dan kamera preview secara bersamaan menyajikan materi pelajaran dalam bentuk suara dan gambar bergerak.

Cara Pembuatan Media:
       Guru mempersiapkan hadware dan software yang dibutuhkan, yaitu untuk hadwernya adalah Computer PC/ Leptop/ Notebook yang memiliki VCD RW dan microphone PC atau headset yang diserta headphone. Sedangkan softw are yang dibutuhkan adalah aplikasi Microsoft power point dan Camtasia recorder. Setelah semua perangkatnya tersedia maka guru pun membuat sebuah media pembelajaran yang berbasis presentasi power point, yaitu dengan menuliskan dan mendeskripsikan beberapa bagian komponen penting pembelajaran di dalam sebuah slide power point, seperti: standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai dan tujuan pembelajaran, materi pelajaran, media ilustrasi grafis yang berupa susunan foto, musik ataupun film yang relevan dengan materi, latihan, dan penguat/ review pokok inti materi. Setelah media powerpointnya selesai maka guru perlu menganalisisnya kembali untuk menguji kualitas tampilan materi tersebut digunakan dalam proses pembelajaran.
     Langkah selanjutnya adalah proses mengubah format data presentasi power point menjadi format video VCD, mengisi rekaman suara guru sebagai  pemandu jalannya slide power point dan kalau computer / Laptop guru memiliki kamera depan maka dapat ditambahkan remkaman camera preview. Proses ini sangatlah praktis sekali karena semua menu tersebut sudah tersedia di dalam aplikasi Camtasia recorder. Jadi untuk membuatnya guru tinggal memakai microphone atau memadakan microphone bawaan laptop, lalu menghidupkan aplikasi Camtasia recorder, dan kemudian memulai presentasi sambil menerangkan berbagai materi pelajaran yang ada di dalam slide. Setelah selesai proses rekaman presentasi, gurupun memilih format hasil videonya dengan format VCD, agar nanti setelah filenya dimasukkan ke dalam VCD, siswa dapat memutarnya di VCD player, baik untuk digunakan kelas ataupun di rumahnya masing-masing.